logoblog

Cari

Tutup Iklan

Pengelolaan Pasar Tradisional Sila Selama 20 Tahun

Pengelolaan Pasar Tradisional Sila Selama 20 Tahun

Program revitalisasi pembangunan pasar tradisional baru berlokasi di pasar Sila desa Rato kecamatan Bolo kabupaten Bima, salah satu perhatian pemerintah pusat

Infrastruktur

KM Bolo
Oleh KM Bolo
06 Maret, 2014 16:05:50
Infrastruktur
Komentar: 0
Dibaca: 5650 Kali

Program revitalisasi pembangunan pasar tradisional baru berlokasi di pasar Sila desa Rato kecamatan Bolo kabupaten Bima, salah satu perhatian pemerintah pusat melalui Kementerian Koperasi dan UKM RI dalam mendukung program meningkatkan ekonomi masyarakat terutama bagi para pelaku pasar. Pembangunan 22 unit ruko plus dua los pasar tersebut menghabiskan anggaran senilai Rp900 juta, yang dikerjakan secara swakelola oleh KUD Sumber Jaya selaku pihak yang diberi tanggungjawab untuk mengelola sarana dan prasarana tersebut.

Menurut Sekretaris Koperasi dan UKM kabupaten Bima Ir Bahtiar, KUD Sumber Jaya selaku yang bertanggung jawab dan mengelola pasar tradisional baru ini adalah pihak yang ditunjuk oleh pusat dengan merujuk hasil MoU mereka dengan Kementerian Koperasi dan UKM RI tahun 2013 lalu. “MoU ini dilakukan selama 20 tahun, setelah itu akan dikembalikan ke pemerintah daerah,” kata Bahtiar.

Bahtiar juga menjelaskan, untuk perpanjangan pengelolaan nanti, akan dilakukan MoU baru antara KUD Sumber Jaya dengan Pemerintah Daerah. “Itu pun tergantung perkembangan di lapangan,” tuturnya.

Menyinggung PAD, kata Bahtiar, akan dibicarakan lebih lanjut dengan pemerintah daerah. “Ini juga yang dilakukan dalam MoU setelah 20 tahun kedepan,” jelasnya.

 

Baca Juga :


   Sekretaris KUD Sumber Jaya H Alwi HAR menyebutkan, sebagai pengelola yang dipercaya, pihaknya telah membuka tender bagi pelaku pasar yang mau menempati ruko serta dua los pasar tradisional tersebut. “Berdasarkan kesepakatan, dalam satu ruko ditender senilai Rp2,5 juta selama setahun. Sehingga untuk 22 unit ini sudah terisi semua dan nama-nama mereka sudah kita kirim ke pusat,” kata Alwi.

Ia menambahkan, dari dana Rp900 juta untuk membangun 22 unit ruko dan dua los pasar baru, ada juga pengembangan dengan dibangun dua ruko tambahan dan satu ruangan kantor untuk aktivitas pengelola (KUD Sumber Jaya).(adi) - (01)



 
KM Bolo

KM Bolo

Koordinator: SURYADIN Alamat : Jl. Lintas Sumbawa No.53 Desa Rasabou Kecamatan Bolo Kabupaten Bima Prov. NTB URL:kmbolo.com email:kmbolo@ymail.com Kontak Person: 085-25332-3535 ANGGOTA: Erik, Buhari, Rahmi

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright 2008 - 2018 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan