logoblog

Cari

di Buat dan di pelihara

di Buat dan di pelihara

KM Sambang Kampung- Banyak hal yang harus saya ceritakan ketika menyambang kampung, Ketika saya berjalan-jalan di sekitar kampung tepatnya di sawah

Infrastruktur

KM. Sambang Kampung
Oleh KM. Sambang Kampung
17 April, 2015 20:43:37
Infrastruktur
Komentar: 1
Dibaca: 8105 Kali

KM Sambang Kampung- Banyak hal yang harus saya ceritakan ketika menyambang kampung, Ketika saya berjalan-jalan di sekitar kampung tepatnya di sawah yang berada di samping rumah saya di Dusun Mudung Barat Desa Anggaraksa terlihat kesibukan dari kelompok tani yang sedang bekerja memperbaiki saluran irigasi. Nah,  ini menarik untuk saya ceritakan dan saya tulis di Kampung Media.

Saat Amaq Fauzan  mengangkut batu dengan kereta dorong, saya menjadi terusik dan menjadi ingin tahu apa yang akan dibuat oleh Amaq Fauzan. Saya merasa penasaran dengan aktifitasnya yang mondar-mandir dari pagi hingga siang hari. Akhirnya sayapun mengambil kamera dan bergerak mendekati orang-orang yang sibuk membangun sesuatu.

Ternyata orang-orang ini adalah kelompok tani Anggaraksa yang sedang mengerjakan saluran irigasi. Sayapun langsung bertanya pada salah seorang anggota kelompok tani yaitu Amaq Rian tentang pembangunan saluran irigasi ini, Amaq Rian menjawab bahwa saluran irigasi ini adalah bantuan dari pemerintah yaitu Badan Penyuluh Pertanian sepanjang 150 meter dan swadaya kelompok tani sepanjang 50 meter. Mengenai besarannya anggaran sekitar Rp 125.000.000.-.

Pengerjaan pembuatan saluran irigasi ini dilakukan dengan cara gotong royong, sehingga hasilnya maksimal. Semua anggota kelompok tani saling bahu membahu untuk membuat saluran irigasi ini karena hal ini untuk kepentingan bersama kata Amaq Rian dengan senyum khasnya.

Dengan adanya bantuan pembuatan saluran irigasi ini maka diharapkan sawah petani di desa Anggaraksa ini dapat di airi dengan baik dan air yang mengalirpun akan menjadi lancar. Sebelumnya saluran ini penuh dengan semak dan ilalang yang menghambat aliran air.

 

Baca Juga :


Selanjutnya menurut Amaq Rian pembangunan saluran irigasi inilah yang selalu ditunggu oleh petani untuk mencapai swasembada pangan, disamping itu juga petani sangat berharap akan ketersediaan pupuk pada saat yang tepat yaitu pada waktu tanaman mulai dipupuk. Pengairan yang baik tanpa didukung oleh ketersediaan pupuk maka akan mengakibatkan tanaman akan tumbuh kurang baik sehingga hasilnyapun kurang maksimal. Keluhan petani saat ini adalah ketersediaan pupuk yang sangat langka sehingga harganyapun sangat tinggi.

Semoga dengan adanya bantuan pemerintah memperbaiki saluran irigasi dapat meringankan pekerjaan petani dan petani tidak mengalami kesulitan lagi untuk mengairi sawahnya. Namun yang perlu diperhatikan oleh petani adalah saluran irigasi bukan hany dibuat saja namun harus dipelihara dengan baik sehingga saluran irigasi ini dapat dipergunakan dalam jangka waktu yang panjang. (uyik) - 01



 

Artikel Terkait

1 KOMENTAR

  1. KM Kaula

    KM Kaula

    18 April, 2015

    kita memang rata-rata lemah di pemeliharaan. sehingga itu yang membuat infrastruktur jadi tidak bertahan laman.


 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright © 2008-2019 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan