logoblog

Cari

Tutup Iklan

Rehabilitasi, Jaringan Irigas,i Ndolu, Dimulai

Rehabilitasi, Jaringan Irigas,i Ndolu, Dimulai

KM.RUNGGU-Pembangunan rehabilitasi jaringan irigasi Ndolu Desa Rite Kecamatan Ambalawi dimulai. Kegiatannya ditandai  dengan peletakan batu pertama oleh Sirajudin  Kepala Desa Rite.       

Infrastruktur

KM Monggo Runggu
Oleh KM Monggo Runggu
15 November, 2015 09:45:26
Infrastruktur
Komentar: 0
Dibaca: 3078 Kali

KM.RUNGGU-Pembangunan rehabilitasi jaringan irigasi Ndolu Desa Rite Kecamatan Ambalawi dimulai. Kegiatannya ditandai  dengan peletakan batu pertama oleh Sirajudin  Kepala Desa Rite.

       Ketua P3A Petani Jaya, H Arifin yang ditemui dilokasi kegiatan Sabtu (14/11) mengatakan bahwa pelaksanaan rehabilitasi jaringan irigasi Ndolu didanai oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat. “Pelaksanaannya agak terlambat karena mencairan dananya, sebenarnya kegiatan ini di mulai Oktober lalu,” ujar H Arifin 

Lanjut dia, rehabilitasi jaringan irigasi yang diprioritaskan adalah membangun talud di TPU. Pasalnya, setiap musim hujan banjir datang dari pemakaman langsung masuk ke jaringan sehingga banyak meninggalkan sedimentasi. “Kami membuat tanggul ataupun tembok sepanjang lahan Tempat Pemakaman Umum. Karena air   banjir masuk kejaringan. Kita mengurangi volume air yang masuk aja sekarang,” terang H Arifin.

Selain itu, ada penambahan tinggi talud sepanjang 171 meter. Hal itu dilakukan untuk menghindari   meluapnya air dari jaringan irigasi Ndolu saat musim hujan,“Setiap musim hujan pemukiman penduduk dusun Rite selalu kebanjiran, yang disebabkan meluapnya air jaringan  akibatnya pemukiman jadi becek,” urainya

Tidak hanya  itu saja,  ada juga pembangunan pintu air. Sedangkan Alokasi anggaranya   adalah sebesar Rp 178 juta “kami dapat kepercayaan dari Kementrian PU RI untuk mengelola dana  bansos guna pembangunan dan  merehabilitas jaringan irigasi kecil.” ujarnya.

 

Baca Juga :


Sedangkan Kades Rite, Sirajudin mengharapkan agar P3A Petani Jaya selaku pelaksana Program Percepatan dan Perluasan Pembangunan Infrakstruktur Sumber Daya Air Irigasi Kecil (P4-ISDA-IK) tahun 2015 mampu melaksanakan kegiatan sesuai dengan juklas dan juknis yang ada. Jangan sampai dana yang disediakan itu disalah gunakan, “Saya ingatkan agar pengurus P3A Petani Jaya mampu mengemban amanat, jangan sia – siakan kepercayaan ini,” harap Sirajudin.

       Selain itu, Sirajudin meminta agar P3A Petani jaya mampu memanfaatkan potensi lokal baik tenaga manusianya maupun material. “Warga Rite harus diperdayakan mendapatkan manfaat dari program kegiatan rehabilitasi jaringan irigasi kecil,” tandas Sirajudin. (RIS) - 05



 

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright © 2008 - 2018 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan