logoblog

Cari

Tutup Iklan

Sosialisasi Sambungan PDAM Gratis

Sosialisasi Sambungan PDAM Gratis

Sosialisasi pemasangan sambungan gratis saluran PDAM yang diperuntukkan bagi Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR) kembali dilaksanakan di Kabupaten Lombok Barat, bertempat di

Infrastruktur

KM Rinjani Lombok
Oleh KM Rinjani Lombok
17 November, 2015 17:18:51
Infrastruktur
Komentar: 0
Dibaca: 12959 Kali

Sosialisasi pemasangan sambungan gratis saluran PDAM yang diperuntukkan bagi Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR) kembali dilaksanakan di Kabupaten Lombok Barat, bertempat di aula Kantor Bupati Lombok Barat, Giri Menang, Gerung belum lama ini.

Hal yang sama juga dilakukan sebelumnya di aula Kenari, Pemkot. Mataram yang dihadiri Sekda kota Mataram, HL. Makmur Said, Kepala Bappeda kota Mataram, Lalu Martawang dan para Lurah, Kepala Lingkungan dan Camat se-Kota Mataram.  

Di Lombok Barat, Direktur PDAM Giri Menang HL. Ahmad Zaini meminta para Kades dan Camat se kabupaten Lombok Barat untuk  mendata warga yang akan direkomendasikan mendapat bantuan pemasangan sambungan gratis. “PDAM mendapat bantuan sebesar 9 miliar dari APBN untuk program ini. Karena itu kita sosialisasikan sejak sekarang. Dan untuk pemasangannya akan kita lakukan di awal tahun 2016,” demikian HL. Zaini.

Selain itu PDAM Giri Menang juga meminta mereka yang didata adalah yang benar-benar membutuhkan. Pasalanya, nanti aka nada tim survey data. Baik di kota Mataram maupun Kabupaten Lombok Barat, Zaini juga menekankan, agar Kepala Desa yang hadir agar benar-benar memperhatikan kriteria penerima bantuan dan dijelaskan kembali ke masyarakat bahwa bantuan pemasangan gratis ini hanya gratis di biaya pemasangannya saja, tagihan sesuai pemakaian tiap bulannya harus tetap dibayar.

Selain itu, Zaini juga mengatakan bahwa BPKP juga akan memeriksa secara acak untuk memastikan program ini tepat sasaran. Zaini pun kembali menegaskan di akhir pertemuannya jika ada pungutan dari petugas PDAM agar segera dilaporkan. “Kalau ada petugas PDAM yang meminta biaya laporkan ke saya. Saya akan langsung pecat kalau ada laporan dan datanya,” tegasnya.

Warna, Sekretaris Desa Giri Madia, Kecamatan Lingsar menyambut gembira adanya bantuan ini. Dikatakan, masih banyak warga yang membutuhkan air bersih, Ia berharap nantinya biaya perbulan jangan sampai terlalu membebani warga karna seringkali mendapatkan laporan dari warga kalau banyak sambungan yang diputus oleh pihak PDAM karena mereka tidak mampu bayar.

Menyikapi hal tersebut, Dirut PDAM Giri Menang, HL. A. Zaini meyakinkan warga masyarakat, jika biaya perbulan dengan sambungan MBR ini tidak akan memakan biaya lebih dari 50 ribu dengan pemakaian normal. Oleh karenanya, diharapkan program ini dapat dirasakan warga yang memang butuh bantuan air bersih dari PDAM.

 

Baca Juga :


Prioritaskan Warga Yang Penuhi Kriteria

Sementara itu, sperti dikatakan Dirut M. Zaini, Kepala Bappeda Kota Mataram Lalu Martawang meminta Lurah memprioritaskan warga yang memang memenuhi criteria penerima bantuan MBR. Misalnya, warga dengan rumah yang hanya menggunakan listrik dengan kilometer 900 kebawah, selain itu, dicocokkan juga dengan kondisi fisik rumahnya.

Bersamaaan dengan Sekda Kota Mataram H. L. Makmur Said dan Kepala Bappeda Kota Mataram Lalu Martawang, Zaini meminta Lurah secepatnya menyerahkan data warganya. “Sosialisasikan dan pastikan juga kalau program ini gratis dan tidak dipungut biaya sedikitpun,” tegasnya. “Pengalaman kami sering mendapatkan laporan kalau kepala lingkungan atau yang lainnya meminta biaya pemasangan atau ada pungutan kepada warga. Oleh karena itu kami ingin tegaskan sekali lagi kalau program ini gratis,” lanjutnya

“Priorotaskan warga yang memang ingin dan membutuhkan bantuan pemasangan. Karena jangan sampai mereka tidak mau tetapi oleh panitia kelurahan tetap di rekomendasikan. Dikhawatirkan itu akan menjadi alasan warga untuk tidak membayar tagihan bulanannya,” jelas Martawang. (wardi) -01



 
KM Rinjani Lombok

KM Rinjani Lombok

KM Rinjani Lombok diinspirasi oleh tekad bersama sesama anggota untuk membangun informasi produktif, komunikatif dan aspiratif di seputar Lobar dan gumi Lombok umumnya. Anggota: Hernawardi (Ketua), Fathurrahman, Ardipati, L. Suhaemi, Rian F, L. Budi D. Hp

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright 2008 - 2018 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan