logoblog

Cari

Tutup Iklan

Dana Desa 2016 di Simpasai Untuk Infrastruktur

Dana Desa 2016 di Simpasai Untuk Infrastruktur

KM MONGGO RUNGGU-Dana Desa APBN untuk Desa Simpasai Kecamatan Monta tahun anggaran 2016 diperuntukan perbaikan infrastruktur dan fasilitas umum. Demikian keterangan

Infrastruktur

KM Monggo Runggu
Oleh KM Monggo Runggu
06 September, 2016 14:17:49
Infrastruktur
Komentar: 0
Dibaca: 23901 Kali

KM MONGGO RUNGGU-Dana Desa APBN untuk Desa Simpasai Kecamatan Monta tahun anggaran 2016 diperuntukan perbaikan infrastruktur dan fasilitas umum. Demikian keterangan Kepala Desa (Kades) Simpasai, Zahrin H Abubakar kemarin di ruang kerjanya.

      Dikatakanya, bahwa dengan adanya otonomi desa dirinya mampu membangun desa selangkah lebih maju. “Kami sangat bersyukur dengan adanya program bantuan pemerintah pusat melalui ADD/DDA, sehingga kami dapat merancang program kerja jangka panjang, menengah dan pendek,” ujar Zahrin.

      Lanjutnya, ADD/DDA untuk Desa Simpasai mencapai Rp 1. 975.809.- dari dana itulah untuk belanja aparatur dan belanja publik. “Serapan anggaran DDA baru sepuluh porsen, sedangkan serapan ADD sudah mencapai Tujuh Puluh Lima persen,” urai Mantan Ketua GP3A Lumba Sena itu.

      Tahun 2016 dana DDA digunakan untuk rehab kantor desa Rp 65 juta. Pagar so dengan menggunakan kawat bronjong sepanjang 1, 55 Km, bangun 7 buah deker, pembangunan saluran limbah rumah tangga 400 meter yang berlokasi di RT 01, RT 08, RT. 11 dan di RT. 09. “Kami bangun desa dengan semnagt gotong royong,” ujarnya yang diamini Sekdes, Alekh. Selain itu, ada juga pembanguan air fasilitas air bersih di RT 13 untuk 70 KK dan di RT 12  untuk kebutuhan 50 Kepala Keluarga. Ada juga galian sumur air bersih lengkap dengan pemasangan listrik yang dialirkan ke tower. “Jadi dari tower warga tinggal pasang pipa untuk air bersih ke rumah masing – masing. Twer itu kapasitasnya mencapai 1000 liter,” terang Zahrin.

 

Baca Juga :


Selain itu, kata dia, pembelian pompa air berkekuatan 16 PK untuk kelompok tani Oi Mbai guna untuk kebutuhan pertanian yang luasnya mencapai 39 hektar. Ada juga pembangunan lapangan Voli dan gedung olah raga dengan ukuran 20 x 46 meter yang digunakan untuk footsal, tenis dan bulutangkis.

“Kami juga membantu mushola masing 2, 5 juta dan mesjid raya sebesar 30 juta. Ada juga untuk rumah kumuh  enam unit masing – masing 8 juta serta pembangunan bak sampah yang biayanya emncapai 16 juta,”Pungkas Zahrin. (RIS) -03



 

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright 2008 - 2018 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan