logoblog

Cari

Biaya Kampus Mahal, Fasilitas Seadanya

Biaya Kampus Mahal, Fasilitas Seadanya

Baru-baru ini banyak sering dibicarakan masalah tentang pembayaran SPP diperguruan tinggi. Kalau tidak salah menafsirkan, pada dasarnya fokus pada kebebasan kampus

Infrastruktur

Firman Purnawirawan
Oleh Firman Purnawirawan
01 Oktober, 2016 08:25:37
Infrastruktur
Komentar: 0
Dibaca: 20706 Kali

Baru-baru ini banyak sering dibicarakan masalah tentang pembayaran SPP diperguruan tinggi. Kalau tidak salah menafsirkan, pada dasarnya fokus pada kebebasan kampus menentukan biaya kuliah. Apakah setiap kampus boleh menentukan sendiri biaya kuliah mahasiswanya, ataukah ada komponen-komponen tertentu yang wajib dan tidak wajib?.

Biaya kuliah biasanya terdiri dari Dana Pembangunan (“DP”) dan Biaya Operasional Pendidikan (“BOP”). Di beberapa kampus perguruan tinggi swasta, biasanya dikenal pula biaya ujian. Biaya kuliah di perguruan tinggi negeri umumnya lebih murah dibanding swasta.

 

Mengenai bagaimana pengelolaan anggaran pendidikan itu, UU Sisdiknas menggunakan prinsip keadilan, efisiensi, dan tranparansi. Dengan prinsip-prinsip tersebut sebenarnya alokasi biaya pendidikan dapat Anda akses informasinya, sehingga tahu persis bagaimana menentukan besaran biaya pendidikan dan penggunaannya.

 

Namun kita lihat dari berbagai macam perguruan tinggi termasuk IAIN Mataram di fakultas tarbiyah yang mahal pembayarannya namun fasilitas yang masih kurang memadai, seperti Laboratorium, lahan parkir, Kopsis, dan berbagai fasilatas lainnya.

 

 

Baca Juga :


IAIN Mataram yang sering diperbincangkan untuk dijadikan sebagai UIN merupakan moment penting bagi IAIN Mataram, namun bagaimana bisa untuk dijadikan UIN jika Fasilitas yang masih tidak memadai.

 

Sepanjang pengetahuan saya tentang pendidikan yaitu bagaimana mengembangkan ilmu pengetahuan tanpa memiliki fasiltas, termasuk juga bagi kalangan mahasiswa yang memiliki jurusan praktikum. Ini adalah merupakan hal paling utama untuk menjadikannya lebih maju.

Mengingat jumlah mahasiswa yang banyak memang perlu dipikirkan untuk hal seperti ini. Apalagi ini adalah awal  untuk memajukan Kampus Yang dicinta () -03



 

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright © 2008-2019 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan