logoblog

Cari

Musyawarah Desa Sajang, Penyusunan RKP Des 2018

Musyawarah Desa Sajang, Penyusunan RKP Des 2018

  KM. Sajang Bawak Nao _  Desa Sajang Selasa ( 26/09/2017 ) menggelar Musyawarah Desa untuk menyusun Rencana Kerja Pemerintah Desa Tahun

Infrastruktur

KM. Sajang Bawak Nao
Oleh KM. Sajang Bawak Nao
26 September, 2017 11:54:02
Infrastruktur
Komentar: 0
Dibaca: 65322 Kali

 

KM. Sajang Bawak Nao _  Desa Sajang Selasa ( 26/09/2017 ) menggelar Musyawarah Desa untuk menyusun Rencana Kerja Pemerintah Desa Tahun 2018 (RKP Desa Tahun 2018). Musyawarah dilakukan di Aula Kantor Desa Sajang dan diikuti lebih dari 25 orang peserta yang mewakili unsur BPD, Pemerintah Desa, unsur lembaga kemasyarakatan desa, perwakilan tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh pendidik, perwakilan perempuan, serta perwakilan pemuda. Selain peserta musyawarah hadir juga Kasi PMD Kecamatan Sembalun Haji Nasir yang mewakili Camat Sembalun, dan Pendamping Desa Sajang Kecamatan Sembalun Ismail M. 

Musyawarah dipimpin dan dibuka oleh Ketua Sekertaris Desa Sajang, Hasannudin.  Pada pidato pembukaannya, pimpinan musyawarah mengajak kepada peserta untuk bisa mengikuti musyawarah dengan sebaik-baiknya.

Pimpinan musyawarah juga menyampaikan, bahwa musyawarah Desa yang dilaksanakan dalam rangka penyusunan RKP Desa Tahun 2018, telah berpedoman pada Peraturan Menteri Desa, Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Nomor 2 Tahun 2015 tentang Pedoman Tata Tertib dan Mekanisme Pengambilan Keputusan Musyawarah Desa.

Setelah membuka Musyawarah Desa, pimpinan musyawarah mempersilakan Perwakilan dari Kecamatan Haji Nasir untuk menyampaikan pokok-pokok pembicaraan yang akan dibahas dalam Musyawarah Desa.

Pada kesempatan itu Haji Nasir menyampaikan bahwa segala janji politik yang sudah disampaikan kemasyarakat dulu pada saat kampanye yang belum terlaksana untuk dimasukkan RKP Des 2018 supaya semua keinginan masyarakat dan Kepala Desa bisa terealisasikan.

Setelah selesai disambut lagi oleh pendamping Desa Kecamatan Semblaun Ismail M. yang menyampaikan teknis Penyusunan RKP Des 2018 dimana pada penyusunan RKP Des nantinya harus membentuk Tim Ganjil entah itu tim 7 atau tim 9 yang nantinya akan merancang segala usulan dari peserta rapat, kemudian mengedepankan hal yang paling mendesak.

Selanjutnya di berikan lagi tambahan dari pemimpin rapat kepada  Ketua BPD Desa Sajang, dimana pada kesempatan ini Ketua BPD Desa Sajang JOHRI, S.Ag menyampaikan tentang musyawarah dari MUSDES di bentuk tim RKP Des 2018 untuk menyusun segala rencana Kerja Desa 2018 supaya pembangunan yang belum dilaksanakan pada Amggaran 2018.

Kembali ke pemimpin rapat, kemudian pemimpin rapat memberikan kesempatan Kepada Kepala Desa Sajang Haji Lalu Kanahan untuk menyampaikan Pembangunan yang sudah dilaksanakan Pembangunan yang sedang dilaksanakan dan pembangunan yang belum dilaksanakan.

Dalam kesempatan ini Kepala Desa Sajang menyampaikan banyak sekali pembangunan yang sudah dilaksanakan baik itu dari pembangunan jalan usaha tani, memberikan bantuan kepada pembangunan Sarana Ibadah yang ada di Desa Sajang dengan memberikan bantuan barang Berupa peralatan dan bahan bangunan sampai dengan pembangunan GOR / Gedung serbaguna Desa Sajang.

 

Baca Juga :


Rencana pembangunan yang disampaikan Kepala Desa Sajang Haji Lalu Kanahan

  • Pengaspalan Jalan
  • Pengadaan PLTS
  • Pembangunan Taman Desa
  • Pmbangunan MCK di masing-masing Sarana Ibadah Madjid dan Musholla
  • Pasilitas Kegiatan Posyandi
  • Pembangunan Tempat Sampah
  • Pembangunan gedung paud
  • Pembangunan pos ronda
  • Pembangunan tempat wisata desa sajang
  • Pengadaan Kabel dan Kilometer
  • Pembukaan jalur wisata ke Pergasinggan Hill dari wilayah Dusun Bawak Nao
  • Mengkaper kelompok tani kopi untuk di kelola dengan baik
  • Pembangunan drenase dan irigasi

Di bidang penyelenggaraan pemerintahan, prioritas diarahkan kepada optimalisasi pengelolaan aset desa, optimalisasi kegiatan perencanaan, serta pengembangan sistem informasi desa berbasis teknologi informasi dan komunikasi / Web Desa.

Di bidang pembangunan, prioritas diarahkan untuk pengembangan infrastruktur (jalan dan jembatan), pengembangan sarana prasarana air bersih, pembangunan posyandu dan pos paud, pengembangan usaha ekonomi masyarakat, serta penguatan BUM Desa.

Di bidang pembinaan kemasyarakatan, prioritas diarahkan untuk penguatan lembaga kemasyarakatan desa, pembinaan kepemudaan, pembinaan seni dan budaya, pembinaan keagamaan, pembinaan kesadaran berbangsa dan bernegara, serta optimalisasi desa siaga.

Di bidang pemberdayaan masyarakat, prioritas diarahkan kepada Pemberdayaan pemuda dengan memberikan mereka kursus dan pelatihan Bahasa Asing karena berkaitan dengan perkembangan wisata di Desa Sajang Kecamatan Sembalun.

Setelah penyampaian Kepala desa Sajang di buka Seasen diskusi kepada peserta rapat dimana banyak sekali usulan kepada Pemerintah Desa Sajang yang lldilayang kan oleh peserta musyawarah mulai dari masalah rabat jalan, pendidikan sampai Sampah Desa yang menjadi musuh terbesar bagi masyarakat.

Setelah dicapai kesepakatan-kesepakatan, musyawarah desa diakhiri dengan penandatanganan berita acara dan selanjutnya ditutup dengan doa yang dipimpin oleh MC, Sigit Nurkhafi.

Mohon maaf jika tulisan masih banyak yang kurang.



 

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright © 2008-2019 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan