logoblog

Cari

Tutup Iklan

Harapan Baru Petani Lahan Kering

Harapan Baru Petani Lahan Kering

KM. Sukamulia – Senin/11/12/2017, SPSB317 yang berlokasi di Dusun Kokok Putik Desa Bilok Petung Kecamatan Sembalun Kabupaten Lombok Timur diresmikan oleh

Infrastruktur

KM. Sukamulia
Oleh KM. Sukamulia
12 Desember, 2017 11:16:48
Infrastruktur
Komentar: 0
Dibaca: 25317 Kali

KM. Sukamulia – Senin/11/12/2017, SPSB317 yang berlokasi di Dusun Kokok Putik Desa Bilok Petung Kecamatan Sembalun Kabupaten Lombok Timur diresmikan oleh Kepala Balai Wilayah Sungai Nusa Tenggara Satu (BWSNT 1). Keberadaan Sumur Bor (SPSB317) memberi harapan baru bagi para Petani Lahan Kering yang ada di wilayah Dusun Kokok Putik Desa Bilok Petung sebab tujuan dibuatnya inprastruktur Sumur Bor adalah untuk menyediakan sarana irigasi Pertanian Lahan Kering.

Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat terus menjemput program nasional, terutama program-program yang terkait dengan peningkatan inprastruktur dan pemberdayaan masyarakat. Salah satu program pembangunan inprastruktur yang dilaksanakan oleh Pemerintah Nusa Tenggara Barat pada tahun 2017 adalah Pembangunan Sumur Bor di seluruh wilayah NTB yang salah satunya dibangun di Dusun Kokok Putik Desa Bilok Petung Kecamatan Sembalun Kabupaten Lombok Timur, yakni SPSB317.

Suaib (Ketua Pengurus P3A Dusun Kokok Putik) menerangkan bahwa pembangunan SPSB317 dilaksanakan selama tiga bulan, mulai dikerjakan pada tanggal 09 September dan terselesaikan pada ahir bulan November 2017.  Pembangunan Sumur Bor ini menghabiskan biaya sekitar 1,3 miliyar, dananya bersumber dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Direktorat Jenderal Sumber Daya Air Balai Wilayah Sungai Nusa Tenggara I Program Satuan Kegiatan PAT-I.

SPSB317 di bangun di atas tanah seluas 2 are. Tanah ini merupakan tanah milik Haji Suherman yang dibebaskan oleh Pemerintah Daerah. Sumur Bor ini berkedalaman 1,26 meter dengan volume air 20 liter/detik. Luas wilayah yang akan diairi oleh SPSB317 adalah 15 Ha dan maksimalnya 20 Ha. Dengan terselesaikannya pengerjaan SPSB317 ini, kami selaku Masyrakat  Petani Lahan Kering Kering yang berada di wilayah Dusun Kokok Putik memiliki harapan baru dalam pengelolaan Lahan Pertanian yang kami garap”, ungkap Suaib saat kami temui di ladang-nya yang berlokasi di sebelah utara SPSB317.

Perlu diketahui bahwa Sumur Bor SPSB317 memiliki Waserpive dengan ketinggian 6 meter dan Outlite kecil/ Pembagian Irigasi sebanyak 11 unit. Sumur Bor ini berlokasi sekitar 100 meteri dari Jalan Raya Kokok Putik – Sambelia dan sekitar 0,7 km dari perkampungan warga Dusun Kokok Putik. Keberadaan Sumur Bor ini bukan hanya sebagai harapan baru bagi irigasi Lahan Pertanian Warga, namun Sumur Bor ini juga diharapkan dapat dijadikan sebagai sumber Air Bersih bagi 130 Kepala Keluarga warga Dusun Kokok Putik sebab masyarakat setempat sangat membutuhkan sumber air bersih guna mencukupi kebutuhan mereka akan air minum, air mandi dan air untuk kegiatan rumah tangga mereka.

 

Baca Juga :


Terkait dengan hal itu, Suaib meginformasikan bahwa pada tahap selanjutnya direncanakan akan dilakukan Pencetakan Sawah dan Pipanisasi serta pembuatan Bak Air Bersih untuk perkampungan dari Sumur Bor. Untuk hal itu beliau sudah mengirim proposal Permohonan Dana Bantuan Pipanisasi dan Pembuatan Bak Air Bersih untuk warga sekitar. Suaib juga menginformasikan bahwa target oprasi program percetakan sawah seluas 25 ha direncanakan akan dimulai pada awal tahun 2018.

Melalui artikel ini Suaib mewakili masyarakat Dusun Kokok Putik menyampaikan ucapan terimakasih yang tidak terhingga kepada Pemerintah Kabupaten Lombok Timur, Pemerintah Provinsi NTB dan Pemerintah Republik Indonesia yang telah memberikan harapan baru bagi masyarakat dengan memberikan bantuan pembangunan Sumur Bor SPSB317. Kami berharap, terbangunnya SPSB317 dapat menjadi sarana irigasi Lahan Pertanian Kering yang kami kelola sehingga ke depannya tarap hidup dan perekonomian kami semakin maju. Kami juga berharap, keberadaan SPSB317 dapat mencukupi kebutuhan kami akan air bersih.

_By. Asri The Gila_



 
KM. Sukamulia

KM. Sukamulia

Nama : Asri, S. Pd TTL : Sukamulia, 02 Januari 1985 Jenis Kelamin: Laki-laki Agama : Islam Pekerjaan : Swasta Alamat, Dusun Sukamulia Desa Pohgading Timur Kec. Pringgabaya No HP : 082340048776 Aku Menulis Sebagai Bukti Bahwa Aku Pernah Ada di Dunia

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright 2008 - 2018 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan