logoblog

Cari

Jembatan Samato Temegah Di Ntb

Jembatan Samato Temegah Di Ntb

Sumbawa kini tampak menawan. Eksotika sebuah jembatan baru menjadi daya tarik warga Sumbawa dan sekitarnya. Pembangunan jembatan akses kawasan strartegis SAMATO

Infrastruktur

ANDI MULYAN
Oleh ANDI MULYAN
24 Juli, 2018 20:16:20
Infrastruktur
Komentar: 0
Dibaca: 37502 Kali

Sumbawa kini tampak menawan. Eksotika sebuah jembatan baru menjadi daya tarik warga Sumbawa dan sekitarnya. Pembangunan jembatan akses kawasan strartegis SAMATO yang telah rampun adalah sebuah jembatan termegah di NTB. Jembatan tersebut menghubungkan Simpang Jalan Negara (SJN) Garuda dengan wilayah Tanjung menangis.

Jembatan yang menelan anggaran besar dari APBN tersebut membentang di atas muara kali Labuhan Sumbawa dengan ukuran panjang 240 meter dengan lebar 7 meter.  Kontruksi atap jembatan ini tampak melengkung sehingga menjadi salah satu daya pikat bagi pengendara.Keindahan jembatan ini pun bersinergis dengan keasrian jalan hotmix by pass SAMOTA sepanjang 34 km.

Jembatan SAMATO (Teluk Saleh, Pulau Moyo, Gunung Tambora) tentu merupakan ikon bagi warga Sumbawa, apalagi bagunan megah ini telah dirasakan manfaatnya oleh para pengendara. Jembatan ini telah beroperasi sejak awal tahun 2018.

Sejarah telah mencatat bahwa jembatan termegah di NTB ini dibangun di atas Sungai Brang Biji dan merupakan jembatan pertama yang menyuguhkan struktur plengkung di Pulau Sumbawa. Tiang-tiang dinding pada dua sisi dari jembatan ini tampak kokoh dan terpadu dengan warna hotmix jalan bay pas yang melintas pada badan jembatan ini.

Selain struktur plengkung, jembatan ini juga menggunakan struktur I girder untuk 3 bentang, di sisi lain adalah dari total 4 bentang jembatan. Struktur plengkung pada jembatan ini juga merupakan struktur utama dengan ukuran panjang 81.45 m. Pada tumpu atas terdapat 4 buah pot bearing yang terdiri dari 3 tipe yang berbeda,  yakni 1 buah dengan tipe fixed, 2 buah dengan tipe guided sliding, dan 1 buah dengan tipe free sliding. Sedangkan untuk jembatan dengan struktur I girder yang memiliki bentang 40.5 m, masing-masing girdernya ditumpu oleh bearing pad sebanyak 20 buah.

 

Baca Juga :


Warna merah bata adalah warna dominan pada struktur atap plengkung jembatan ini. Demikian pula dengan bentuk jembatan ini tampak unik, sehingga menjadi salah satu ikon Kabupaten Sumbawa, bahkan NTB. Jembatan ini pun menjadi salah satu tujuan jalan-jalan masyarakat.

Sylvana (28 th) adalah seorang warga Sumbawa mengatakan “Proyek jembatan SAMATO  menelan anggaran triliunan rupiah. Olehnya itu, jembatan terbesar dan termegah di NTB ini harus dijaga, dipelihara dengan baik. Apalagi jembatan baru ini menjadi salah satu ikon warga Sumbawa dan sekitarnya,” ujarnya.

Sylvana lanjut bicara, “Jembatan SAMATO telah menjadi salah satu tempat rekreasi di Kecamatan Labuhan Badas. Ada banyak orang yang jalan-jalan , bahkan sengaja datang untuk poto bareng di tempat itu, dan juga berselfi,” ujar Sylvana kembali.

Disinggung mengenai peresmian pada jembatan ini, Sylvana menyampaikan bahawa dalam waktu dekat akan dilaksanakan. “Tapi meskipun belum diresmikan, jembatan ini sudah dirasakan dan dimanfaatkan oleh warga Sumbawa dan warga sekitar,” ujar Sylvana.

Sumber data : Sylvana Sumbawa



 
ANDI MULYAN

ANDI MULYAN

Andi Mulyan, Tinggal di Kota Mataram Bintang : Aries Hobby : Musik Dangdut dan Menulis

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright © 2008-2019 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan