logoblog

Cari

Tutup Iklan

SMPN 3 Sambelia Bangun RKB

SMPN 3 Sambelia Bangun RKB

KM Madayin. Sejak gempa pertama terjadi,  hari Minggu tanggal 29 Juli 2018, gedung SMPN 3 Sambelia bagian depan merupakan termasuk bangunan yang

Infrastruktur

KM Madayin
Oleh KM Madayin
20 Oktober, 2018 22:06:01
Infrastruktur
Komentar: 0
Dibaca: 1105 Kali

KM Madayin. Sejak gempa pertama terjadi,  hari Minggu tanggal 29 Juli 2018, gedung SMPN 3 Sambelia bagian depan merupakan termasuk bangunan yang ikut hancur pada saat itu. Kerusakan nya benar- benar total,  atapnya ambruk,  tembok dan pilarnya patah dan miring.  Sehingga setelah berkoordinasi dengan pihak dinas pendidikan, akhirnya setelah proses prefikasi oleh pihak kementerian pendidikan diputuskan untuk dirobohkan total dan digantikan dengan Ruang Kelas Baru. Hanya satu bangunan yang masih utuh meskipun plafonnya pecah dan runtuh yaitu ruangan laburaturium IPA. Sedangkan ruang perpustakaan yang masih dalam proses pembangunan mengalami retak ringan. Dengan bantuan TNI dan Brimob Polri, puing- puing runtuhan dibersihkan,  dibantu juga oleh tenaga lokal dengan pembiayaan dari Bantuan Pemerintah sebesar 25 juta.

Adapun SMP- SMP yang mendapatkan bantuan pemerintah yaitu SMP Islam Maraqit Ta’limat Mekar Sari, SMP Islam Nurul Ilham Bagek Gaet, SMPN 1 Suela, SMPN 2 Sambelia dan SMPN 3 sambelia. Untuk memastikan pengelolaan terlaksana dengan baik, maka para Kepala Sekolah dari sekolah yang dimaksud diundang untuk mengikuti Bimbingan Teknis (Bimtek) finalisasi RAB dan penandatanganan SPPB (Surat Perjanjian Pemberian Bantuan) bantuan pemerintah program pembangunan ruang kelas baru (RKB) dan ruang perpustakaan pada hari Rabu sampai dengan Jum’at tanggal 12 s.d. 14 September 2018 lalu. Bertempat di Hotel Purnama Jln Raya Selecta No1-15, punten, Bumiaji, Kota Batu, Jawa Timur, sesuai surat kementrian pendifikan dan kebudayaan direktorat jenderal pendidikan dasar dan menengah, nomor : 3991/D3/KP/2018 tanggal 28 Agustus 2018.

SMPN 3 Sambelia mendapatkan bantuan dengan total anggaran Rp.501.558.000,- dengan rincian sebagai berikut : Rp.415068.599 untuk nilai pekerjaan konstruksi, pengerjaan furniture sebesar Rp.68.642.640, dan biaya operasional dan administrasi Rp.17.847.000. Rencananya dana itu untuk pembangunan 3 lokal ruang kelas dengan target bulan Desember 2018 bangunan sudah rampung dan bisa ditempati untuk proses kegiatan belajar mengajar. Sementara RKB ini jadi, proses KBM berlangsung di ruang belajar sementara berdinding kalsibot dengan atap spandek yang baru selesai dibuat, sedang sebelumnya menggunakan tenda bantuan dari Kemendikbud dan Unicep.

 

Baca Juga :


Berdasarkan hasil Rapat Pembentukan Panitia dan Koordinasi, Program ini dilaksanakan oleh panitia pembangun sekolah (P2S) SMPN 3 Sambelia dengan Kepala Sekolah selaku penanggung jawab dibantu oleh Panitia yang berasal dari unsur guru, pegawai TU dan Komite Sekolah. Mengingat urgentnya RKB ini sebagai sarana belajar siswa dan target waktu penyelesaian yang sudah ditentukan sangat sedikit, maka Ground breaking sudah dimulai pada hari Rabu tanggal 11 Oktober 2018. Pengerjaan pembangunan gedung melibatkan 4 orang tukang dan 6 orang pekerja bangunan dari pagi sampai sore hari.(Izzy)



 

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright 2008 - 2018 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan