logoblog

Cari

Dirjen IKP: Fiber Optik Lompatan Luarbiasa Bagi Kecepatan E-Gov

Dirjen IKP: Fiber Optik Lompatan Luarbiasa Bagi Kecepatan E-Gov

Sumbawa Barat. Diskominfo - Direktur Jenderal Informasi Komunikasi Publik Kementrian Kominfo RI, R Niken Widiastuti sangat mengapresiasi kinerja dan inovasi yang

Infrastruktur

Feryal Mukmin Pertama
Oleh Feryal Mukmin Pertama
29 Desember, 2018 21:18:26
Infrastruktur
Komentar: 0
Dibaca: 4522 Kali

Sumbawa Barat. Diskominfo - Direktur Jenderal Informasi Komunikasi Publik Kementrian Kominfo RI, R Niken Widiastuti sangat mengapresiasi kinerja dan inovasi yang dilakukan oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) dalam mempercepat pelayanan pemerintah melalui pemasangan jaringan menggunakan Fiber Optik untuk menuju Smart City. Hal tersebut disampaikan Niken saat memberi sambutan dalam acara Launching Pemakaian Jaringan Fiber Optik di taman Tiangnam Kecamatan Taliwang KSB-NTB, Jumat (28/12) malam.

 

Hadir diacara, Sekretaris Daerah KSB, H. A. Azis, S.H., M.H., Dandim 1628/Sumbawa Barat, Letkol Czi Eddy Oswaronto, S.T., Kapolres Sumbawa Barat yang diwakili Kabag Ops, Kompol Edi Susanto, S.Sos., Forum Koordinasi Pimpinan Daerah, tokoh masyarakat, tokoh agama.

 

Menurut Niken KSB sangat luarbiasa berinovasi di dalam pengelolaan pemerintahan melalui e-Government, karena e-government akan sangat bermanfaat bagi pelayanan pemerintah kepada publik. “Ada tiga hal manfaat dari e-goverment, pertama adalah pelayanan prima untuk layanan publik dan semua hal yang berkaitan dengan pemerintah, kedua masyarakat bisa mengawasi kinerja pemerintah yang transparan dan ketiga adalah akuntabilitas yang tinggi.” Kata Niken.

 

E-gov adalah suatu upaya untuk mengembangkan penyelenggaraan kepemerintahan yang berbasis elektronik atau penggunaan teknologi informasi oleh pemerintah untuk memberikan informasi dan pelayanan bagi warganya, urusan bisnis serta kecepatan pelayanan yang berkaitan dengan pemerintahan.

 

“Dalam e-gov kita akan menghemat banyak hal, menghemat waktu,tenaga dan anggaran dalam penggunaannya, tetapi yang terpenting adanya e-gov ini adalah outcome (hasil) bagi masyarakat, sejauh mana e-gov ini bisa mendorong pertumbuhan ekonomi mempermudah perizinan, mempermudah dunia usaha, mengembangkan pariwisata, juga mengembangkan SDM.” Kata Niken.

 

 

Baca Juga :


Dengan adanya wide area network atau metro area network adalah lompatan luarbiasa bagi KSB karena nantinya selain terkoneksi antara Organisasi Perangkat Daerah (OPD) ataupun pemerintah bahkan nati konektivitas tersebut bisa sampai ke kecamatan kemudian juga kelurahan, dengan begitu masyarakat tidak perlu mengeluarkan biaya dalam rangka mencari data-data yang disediakan pemerintah melalui e-gov.

 

Apalagi dengan adanya jaringan Fiber Optik, ini akan mempermudah masyarakat mengakses informasi-informasi yang bermanfaat, selain itu pemerintah daerah juga bisa melindungi masyarakat dari informasi-informasi yang negatif.

 

Terkait dengan Fiber Optik, menurut Niken adalah semacam jalan tol informasi tetapi jalan tol tersebut akan berfungsi jika ada mobil yang lewat, mobil yang lewat ini adalah konten yang perlu diproduksi oleh semua OPD, OPD perlu menyampaikan kinerja kepada pemerintah daerah apa yang telah dilakukan, apa yang sedang dilakaukan dan apa yang akan dilakukan.

 

Lebih jauh Niken mengatakan, dengan adanya e-gov ini masyarakat juga tentunya bisa memberikan masukkan kepada pemerintah daerah sehingga masyarakat juga bisa ikut di dalam memberikan masukan-masukan dalam membangun daerah. Feryal/tifa. Dok. Rangga.



 

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright 2008 - 2018 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan