logoblog

Cari

Akses Jalan Sembalun Masih Aman

Akses Jalan Sembalun Masih Aman

Akses jalan menuju Kecamatan Sembalun Lombok Timur bisa dilalui. Material tanah dan batu di jalan menuju Kecamatan Sembalun, sudah dibersihkan oleh

Infrastruktur

KIM PROVINSI NTB
Oleh KIM PROVINSI NTB
22 Januari, 2019 15:08:35
Infrastruktur
Komentar: 0
Dibaca: 7752 Kali

Akses jalan menuju Kecamatan Sembalun Lombok Timur bisa dilalui. Material tanah dan batu di jalan menuju Kecamatan Sembalun, sudah dibersihkan oleh alat berat, sejak Jum'at (18/1) yang lalu.

Menurut Camat Sembalun Usman, S. Sos, beberapa titik jalan menuju kecamatan Sembalun yang sempat ditutupi material batu dan tanah sudah dibersihkan.

"Pemerintah melalui Dinas PU maupun Tim SAR bergerak cepat, ketika informasi dari masyarakat  bahwa ada material yang menghalangi jalan, langsung dibersihkan," kata Usman di Kantor Camat Sembalun.

Hujan yang turun sejak Kamis (17/1) menyebabkan terjadi longsor. Struktur tanah yang labil dan didorong batu menyebabkan air membawa tanah ke badan jalan.

 

Longsor dan banjir yang membawa material batu dan tanah, sempat beredar di media sosial. " Sudah dibersihkan, tapi pelan-pelan dan hati-hati," ungkap Usman.

Ada 2 titik tempat material yang menggenangi badan jalan, melewati puncak setelah taman bunga, memasuki di sembalum bumbung di dari arah Aikmal.

Titik yang kedua, setelah desa Sajang menuju desa Bilok Petung. Jalan turun menuju arah Kecamatan Bayan Lombok Utara, namun telah dibersihkan.

Salahsatu toko pemuda asal desa Sajang, Azmi menyarankan kalau datang ke Kecamatan Sembalun lebih baik dari arah selatan.

"Sebaiknya naik lewat Aikmal, kalau lewat Bayan bisa tapi perlu hati-hati,karena masih dibersih dari material tanah yang masih sebagiang menggenangi jalan" pesan Azmi

 

Baca Juga :


Azmi juga menceritakan bahwa Kejadian longsor terjadi pada Jumat siang (18/01/2019) di Jalur Pusuk, Sembalun, Lombok Utara sekitar pukul 13.00 WITA.

Sementara ini, tidak ada korban jiwa dan pemukiman yang rusak atas peristiwa ini. Lokasi tersebut merupakan lerengan bukit yang di bawahnya adalah aliran anak sungai.

Sedangkan Agus Ilham Malik anggota Satpol PP Kec. Sembalun Lotim yang tinggal di Lombok Tengah juga menyarankan untuk melewati puncak Sembalun. "Lebih lancar kalau lewat Aikmal," kata Agus.

Tim Media yang mencoba melewati jalur menuju Bayan Lombok Utara, sempat antri karena alat berat sedang membersihkan material yang tersisa.

Salahsatu pekerja dari Dinas PU Lombok Timur, Ridwan mengaku sejak awal langsung bekerja membersihkan material dan membuat drainase.

"Jalan pada titik ini masih bisa dilewati, namun kalau mobil harus antri dan hati-hati," ungkap Ridwan

Menanggulangi hujan hujan, Alat berat memperlebar jalan dan membuat drainase. Sehingga banjir tidak masuk melewati jalan raya. (Edy)



 

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright © 2008-2019 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan