logoblog

Cari

Jembatan Kayu Cemare Akan Segera Diperbaiki

Jembatan  Kayu  Cemare Akan Segera Diperbaiki

Giri Menang – KM. Bupati Lombok Barat (Lobar), H. Fauzan Khalid, berjanji akan merenovasi jembatan kayu di Desa Cemare-Lembar. Bupati ditemani

Infrastruktur

Pangkat Ali
Oleh Pangkat Ali
23 Januari, 2019 15:27:02
Infrastruktur
Komentar: 0
Dibaca: 595 Kali

Giri Menang – KM. Bupati Lombok Barat (Lobar), H. Fauzan Khalid, berjanji akan merenovasi jembatan kayu di Desa Cemare-Lembar. Bupati ditemani sejumlah Kepala OPD dan jajaran Humas dan Protokol, turun mengecek kondisi bangunan jembatan, Rabu (23/1).

Di renovasinya jembatan ini, lantaran banyaknya keluhan masyarakat, terutama wisatawan yang mengunjungi pantai cemare dan hutan bakau. Kondisi jembatan yang kian rapuh, dikhawatirkan mengancam keselamatan warga maupun pengunjung. Untuk penanganan jangka pendek, Bupati Fauzan meminta, jembatan kayu perlu diperbaiki sambil menunggu hasil kajian oleh OPD terkait.

Menurut pantauan KM, memang benar kondisi jembatan sudah rusak. Di sejumlah titik terdapat kerusakan. Baut dan mur penyangga kayu sudah lepas. Setelah melakukan pengecekan kondisi jembatan, Bupati bersama Camat Lembar, Pjs Kades Lembar, Kadus Cemare langsung melakukan pertemuan kecil di lokasi.

Bupati mengaku, sudah memerintahkan Kadis PUPR Lobar untuk melakukan kajian rencana perbaikan. Dia meminta perbaikan segera dilakukan sebab dinilai mendesak.

“Untuk sementara dalam jangka pendek, jembatan kayu ini akan diperbaiki. Ke depan, apakah dibangun permanen, tergantung konsep penataannya,” kata bupati.

Sebab menurut Fauzan, untuk kawasan wisata Lembar seperti Pantai Cemare, hutan mangrove dan lainnya, perlu perencanaan total kawasan. Setelah konsep penataan finish, barulah dibahas lagi.

Menurut bupati yang belum dilantik ini, untuk penataan kawasan wisata Lembar, tidak bisa dikerjakan 1-2 tahun, namun butuh waktu yang panjang. Yang terpenting lanjuit bupati, dalam jangka pendek ini, jembatan kayu perlu perbaikan. Maksudnya supaya aman dilalui warga. Sementara itu dia menyinggung adanya kritikan pihak legislative yang menilai, pemerintah daerah Lobar lamban dalam menata kawasan wisata setempat. Namun bupati meminta, dewan juga pro aktif, terutama kaitannya dengan persetujuan anggaran, namun belum pernah ada usulan.

 

Baca Juga :


“Makanya dalam jangka panjang kita akan melakukan penataan meyeluruh,” paparnya seraya menegaskan, target realisasi penyusunan konsep akan rampung dalam waktu 2-3 bulan ke depan. Sebab untuk penyusunannya tidak sederhana, terdapat lahan ratusan hektar di kawasan itu. Bupati tidak ingin membangun sesuatu tanpa perencanaan menyeluruh.

Di tempat terpisah, Kadis PUPR Lobar, I Made Arthadana menegaskan, pihaknya akan melakukan rapat koordinasi (rakor) selama dua pekan kedepan. Dalam rakor akan membahas dua hal yakni, perencanaan kawasan dan rencana perbaikan jembatan.

Di tempat yang sama, Plt Kades Lembar Selatan, Zanudin S.Si mengatakan, perbaikan jembatan segera untuk realisasi. Tujuannya untuk memberi rasa aman bagi warga yang setiap hari lalu lalang melalui jembatan tersebut. Tidak hanya bagi warga setempat, tapi juga bagi yang melintasi jembatan itu. “karena belum diperbaiki, jangan sampai ada korban,” harap Zaenudin. []

 



 
Pangkat Ali

Pangkat Ali

Save Our Gumi Paer...LOMBOK Lalu Pangkat Ali, kesehariannya sebagai ASN -Pejabat Fungsional Pranata Humas Permkab.Lobar. Tinggal di Desa Kopang-Lombok Tengah. CP & WA: 081907941070. Fb: Fotografer Kopang & Eliza Agniya

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright 2008 - 2018 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan