logoblog

Cari

Paaca Gempa, Jaringan Irigasi Di Lombok Utara Tuntas Diperbaiki

Paaca Gempa,  Jaringan Irigasi Di Lombok Utara Tuntas Diperbaiki

Jaringan Irigasi Rusak Pasca Gempa Lombok Utara Tuntas Diperbaiki Mataram,  Kampung-media. com-Jaringan irigasi tersier untuk memenuhi suplai air bagi lahan pertanian

Infrastruktur

KM Rinjani Lombok
Oleh KM Rinjani Lombok
16 Juli, 2019 11:22:04
Infrastruktur
Komentar: 0
Dibaca: 799 Kali

Jaringan Irigasi Rusak Pasca Gempa Lombok Utara Tuntas Diperbaiki
Mataram,  Kampung-media. com-Jaringan irigasi tersier untuk memenuhi suplai air bagi lahan pertanian pascagempa besar Lombok Agustus 2018 lalu di Kabupaten Lombok Utara (KLU) hampir 70 persennya mengalami kerusakan. Selain rusak, juga banyak sumber mata air yang tertimbun karena terjadinya tanah longsor akibat dampak gempa tersebut.
“Meski demikian hingga saat ini perbaikan saluran irigasi yang rusak tersebut sudah diperbaiki dinas PUPR KLU. Jadi 70 persennya sudah tertangani dengan baik. Karena itu para petani mengaku bersemangat melakukan berbagai usaha taninya untuk mendapatkan peningkatan produksi,” kata Kepala Dinas Pertanian, Peternakan dan Perkebunan KLU di Mataram, Senin (15/7).
Kecuali itu kata Nanang, Selain menggencarkan produksi padi, KLU juga saat ini menggencarkan pengembangan tanaman jagung, kopi dan kakao dimana KLU merupakan basis pengembangan komoditi tersebut dan memiliki potensi pengebangan dan produksi yang cukup besar.
Nanang menambahkan, khusus untuk pengembangan komoditi jagung, pihaknya melalui kelompok tani di KLU mendapatkan bantuan pengembangan tanaman jagung seluas 200 hektar di lahan-lahan kering yang disupport dari Pemerintah Provinsi NTB.
“Pengembangan jagung ini dilakukan dengan menerapkan teknologi irigasi tetes. Harapannya para petani yang semula hanya bisa panen sekali setahun, namun dengan terapan teknologi ini, petani bisa panen hingga tiga kali setahun. Banyak keuntungan dengan pola irigasi tetes ini. Disamping peningkatan produksi juga bisa dilakukan pemupukan langsung melalui irigasi tetes. Pengairanpun bisa lebih efisien. Jadi biayapun lebih murah,” ujar Nanang. (wardi) 

 

Baca Juga :




 
KM Rinjani Lombok

KM Rinjani Lombok

KM Rinjani Lombok diinspirasi oleh tekad bersama sesama anggota untuk membangun informasi produktif, komunikatif dan aspiratif di seputar Lobar dan gumi Lombok umumnya. Anggota: Hernawardi (Ketua), Fathurrahman, Ardipati, L. Suhaemi, Rian F, L. Budi D. Hp

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright © 2008-2019 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan