100 Juta Dari Program PPIP Untuk Desa

KM-Dorokeke—Program PPIP tahun anggaran 2014 merupakan program penguatan PNPM Mandiri yang dilaksanakan sebagai salah satu upaya pemerintah untuk percepatan penanggulangan kemiskinan dan perluaan kesempatan kerja. Menciptakan dan meningkatkan kualitas kehidupan masyarakat, baik secara individu maupun kelompok—mampu memecahkan berbagai permasalahan terkait kemiskinan yang ada di desa.

“Karena itu PPIP dititikberatkan penanganan pada desa yang memiliki kepala keluarga miskin besar dan tingkat pelayanan infratruktur yang rendah. Fokus utamanya adalah pengembangan masyarakat desa, pembangunan peningkatan infrastruktur perdesaan dan peningkatan kapasitas pemerintah dan pelaku program,” ujar Sekretaris Daerah kabupaten Bima Drs HM Taufik HAK,M.Si di acara sosialisasi pelaksanaan Program Pembangunan Infrastruktur Pedesaan (PPIP) tahun anggaran 2014, di aula kantor Bupati Bima LLK Jatiwangi, sepekan kemarin.

Diungkapkan, tahun 2014 ini, pemerintah telah mengucurkan dana senilai Rp4 miliar yang diperuntukan pada 40 desa, dengan masing–masing Rp100 juta tiap desa. Alokasi dana tersebut dihajatkan untuk peningkatan akses masyarakat terhadap pelayanan infrastruktur dasar perdesaan, termasuk dalam peningkatan kapasitas para pemangku kepentingan dalam penyelenggaraan pembangunan tata kelola pemerintahan yang baik.

Dalam pelaksanaan program ini, kita harus mengedepankan partisipasi masyarakat dalam program. Hal itu berarti bahwa pendekatan pemberdayaan masyarakat pada 40 desa sasaran program secara bertahap, akan mendorong kemandirian dalam penangulangan kemiskinan di wilayah pedesaan.

            Sekda berharap pada giliranya akan tersedia infrastruktur permukiman perdesaan yang mencerminkan kebutuhan dan kemampuan masyarakat, juga terlaksananya pembangunan infrastruktur perdesaan yang partisipatif, transparan, akuntabel dan berkelanjutan.

            Kepala Dinas PU Kabupaten Bima Ir Nggempo MMT dalam pengantarnya mengatakan, pelaksanaan Program Pembangunan Infrastruktur Pedesaan (PPIP) dimaksudkan agar masyarakat dapat  mengetahui dan menikmati  program yang dilaksanakan oleh pemerintah guna pemenuhan kebutuhan mereka.

            Untuk tahun 2014 ini, alokasi yang dikucurkan dalam program PPIP sebesar Rp4 miliar untuk tahap pertama. Sedangkan tahap II sebesar Rp11 miliuar secara multiyear yang berasal dari APBN untuk pembangunan sarana dan prasarana infrastruktur fisik.(can) - 05

Advertisement

Artikel Terkait

Advertisement

Artikel Populer

Artikel Terbaru