Pengaduan Warga KM Terjawab Jua

KM. Sukamulia – Jalan Wisata Bilok Petung-Sembalun yang pernah penulis adukan lewat Kanal Pengaduan Kampung Media pada tanggal 30 September lalu, kini sudah mulai diperbaiki. Proyek perbaikan jalan ini ditangani langsung oleh Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat melalui Dinas Pekerjaan Umum-nya. Atas dasar itulah maka penulis berkeyakinan bahwa perbaikan jalan ini segera dilakukan sebab pak Gubernur mendengar keluh kesah warga yang diadukan melalui Kanal Pengaduan Kampung Media dan itulah sebabnya penulis mengatakan bahwa Sura Rakyat Terjawab Jua. Pengerjaan proyek ini dimulai sejak 8 hari yang lalu dengan jumlah pekerjaan sepanjang 3,6 km dan rencananya perbaikan jalan ini akan terselesaikan pada ahir bulan ini.

Proyek ini akan memperbaiki rusa jalan yang rusak dengan volume pekerjaan sekitar 3,5 km. Menurut keterangan Amaq Mugeni/Ketua BPD Desa Bilok Petung, perbaikan jalan ini dibagi dalam dua jenis pekerjaan, yaitu perbaikan ringan (menembel bagian-bagian jalan yang bolong) yang dimulai dari Kurik (di atas SMP SATAP 1 Sembalun) hingga sebelah barat Kantor Desa Bilok Petung yang berjarak sekitar 2,6 km dan perbaikan berat sepanjang 1 km.

Beliau menambahkan bahwa perbaikan berat itu dimulai dari atas Kantor Desa, tepatnya di depan Rumah Amaq Sutrawadi hingga Dusun Timba Gading. Cara pengerjaannya berbeda dengan perbaikan ringan, dimana kalau perbaikan berat ini dilakukan dengan cara pembongkaran seluruh ruas jalan kemudian ditimbun kembali dengan sirtu setelah itu akan dibubuhi aspal panas yang kualitasnya cukup halus. Tegas laki-laki yang sudah dua periode menjabat sebagai Ketua BPD Bilok Petung itu.

Proyek perbaikan Jalan Wisata Bilok Petung-Sembalun ini disambut gembira oleh warga Desa Bilok Petung dan sekitarnya sebab jalan raya ini adalah jalan utama yang selalu mera lalui untuk berbagai kepentingan. Rasa bahagia juga dirasakan oleh Pemandu Wisata/Gaet Gunung yang biasanya membawa tamu-tamu asing berlalu lalang di jalan melalui jalan ini. Masyarakat setempat berharap supaya jalan raya ini diperbaiki dengan pengerjaan yang baik sehingga hasilnya sesuai dengan yang diharapkan dan dapat bertahan lama. Beberapa diantara masyarakat yang mengetahui bahwa proyek perbaikan jalan ini didanai oleh pemerintah Provinsi, mengungkapkan rasa terimakasih kepada Pemerintah Provinsi NTB atas perhatian beliau terhadap akses jalan raya itu.

Setidaknya ada empat unit alat berat yang difungsikan untuk membongkar dan meratakan kembali ruas jalan yang rusak. Hingga saat ini pengerjaan proyek baru mencapai 30%, jalan yang mendapatkan program perbaikan berat sudah sebagian besar dibongkar dan ditutup kembali dengan tanah uruk dan sirtu sedangkan jalan yang mendapatkan program perbaikan ringan masih dalam proses pembongkaran. Ea, semoga saja perbaikan jalan ini segera terselesaikan supaya akses transportasi di wilayah setempat menjadi semakin lancar dan memberikan kenyamanan bagi siapa saja yang berlalu lalang di jalan tersebut.

Semoga dengan perbaikan jalan ini akan membawa Lombok Timur semakin maju dalam dunia pariwisata sebab akses jalan raya yang diperbaiki ini adalah jalan wisata yang setiap harinya dilalui oleh wisatawan asing yang berwisata ke Taman Nasional Gunung Rinjani. Penulis yakin bahwa dengan akses jalan yang memadai maka wisatawan akan merasa aman dan nyaman melakukan perjalanan wisata sehingga kedepannya pengunjung Taman Nasional Gunung Rinjani akan semakin banyak lagi dan tentunya itu akan memberikan sumbangan bagi Pendapatan Daerah Kita. Akses jalan raya yang baik juga akan memperlancar masyarakat dalam melakukan aktifitas ekonomi sehingga kedepannya perekonomian mereka akan semakin lancar.

Alhamdulillah Suara Rakyat Terjawab Jua, terimakasih Bapak Gubernur beserta segenap jajaran-nya, terimakasih Kampung Media dan semoga NTB semakin maju dalam berbagai bidang. Semoga pula Kampung Media semakin jaya sehingga kami dapat lebih mudah mengadukan keluh kesah warga dan berbagai informasi tentang perkembangan kampung kami yang umumnya jauh dari pusat pemerintaha. Dan bagi sahabat-sahabat Kampung Media, teruslah berkarya serta jangan enggan untuk mengadukan keluhan warga anda sebab dengan mengadukan permasalahan melalui Kampung Media maka insyallah Pemerintah Kabupaten dan Pemerintah Provinsi mendengar suara kita.

Sekali lagi, marilah kita membantu pemerintah melalui Halaman Kampung Media dengan cara menyampaikan informasi tentang keadaan kampung kita masing-masing sebab Bapak Bupati dan Bapak Gubernur beserta jajarannya tidak mungkin akan turun menyusuri setiap sudut daerah ini. Dengan menulis informasi di halaman Kampung Media maka itu berarti bahwa kita adalah agen pembangunan di daerah ini sebab siapa tahu informasi yang kita tulis dan publis dapat menjadi suatu pertimbangan bagi pihak-pihak terkait sehingga mereka mudah membuat program demi membangun tanah yang kita cintai ini.

Mohon maaf atas segala kekurangan, terimakasih atas segenap perhatiannya dan Salam dari Kampung. [] -05

_By. Asri The Gila_

Advertisement

Artikel Terkait

Advertisement

Artikel Populer

Artikel Terbaru