Presiden Respon Global Hub Bandar Kayangan

Presiden RI Ir. Joko Widodo (Jokowi) merespon positif usulan Pemerintah Provinsi NTB terkait pembangunan Global Bandar Kayangan, yang akan dibangun di Kabupaten Lombok Utara. Hal itu disampaikan Presiden, usai beraudensi dengan Gubernur NTB Dr. TGH. M. Zainil Majdi, di Istana Merdeka Jakarta, Rabu 4 (4/3/2015) pagi tadi. 

Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal dan Perijinan Terpadu (BKPM - PT) NTB, Ir. Ridwan Syah, MT, yang waktu itu turut mendampingi gubernur mengatakan, audensi ini untuk meminta dukungan pemerintah pusat terkait rencana pembangunan Global Hub Bandar Kayangan, di KLU, sebagai salah satu proyek investasi unggulan NTB. 

"Pak Gubernur memohon dukungan Bapak Presiden, setidak-tidaknya Bandar Kayangan bisa dijadikan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK)," jelas Ridwan Syah saat dihubungi via telepon. 

Dikatakan Ridwan Syah, menurut apa yang disampaikan gubernur, Presiden Jokowi memberikan respon positif. Oleh karena itu, Presiden meminta Pemerintah Provinsi NTB dan Pemerintah Kabupaten Lombok Utara untuk memastikan hal-hal yang terkait dengan rencana pembangunan Kota Bandar Internasional tersebut. 

"Respon Bapak Presiden menurut Pak Gubernur, beliau merespon dengan positif dan meminta kepada pemerintah provinsi dan pemerintah kabupaten untuk memastikan, pertama adalah ketersediaan tanah, kedua kesiapan investor dan yang ketiga adalah perencanaan yang terintegrasi," beber Ridwan. 

Termasuk. memastikan bahwa rencana pembangunan Bandar Kayangan ini masuk di dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN), serta segera dilakukan revisi terhadap rencana tata ruang. "Dari permintaan beliau itu, RPJMN sudah, tinggal sekarang memastikan persoalan ketersediaan tanah dan investor yang akan menangani kawasan itu nantinya," imbuhnya. 

Ridwan menambahkan, saat beraudensi dengan Presiden Jokowi, Gubernur NTB didampingi Bupati KLU H. Djohan Syamsu, Ketua DPRD NTB dan Ketua DPRD KLU. Sementara, Presiden Jokowi didampingi Menko Perekonomian Sofyan Djalil dan Menteri Sekretaris Negara Pratikno. (Jibeng Ismono) 

sumber: 

 
 

Advertisement

Artikel Terkait

Advertisement

Artikel Populer

Artikel Terbaru