HUT 57 Lobar, 1.600 Proyek 2014 Diresmikan

Wabup Lobar, H. Fauzan Khalid, S.Ag, M.Si mengawali sambutannya dengan sebuah pantun, Jalan-Jalan ke Pantai Kerandangan Jangan lupa Membawa Pelampung, Selamat Datang Para Tamu Undangan di Bencingah Agung, Kota Gerung.

Menurut Wabup, tepat 1 tahun kurang 2 hari dirinya bersama Bupati Lobar Dr. H. Zaini Arony diberikan amanah memimpin Lobar hingga 2019. “Tekad kami berdua adalah memajukan Lobar yg dituangkan dalam visi, misi, strategi dan prioritas pembangunan yg harus dijalankan oleh seluruh jajaran pemda Lobar dan tentunya juga dengan dukungan pimpinan dan anggota DPRD , Forum Koordinasi Pimda, tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh pemuda dan seluruh masyarakat Lobar,” katanya dalam sambutannya pada peresmian pemanfaatan proyek tahun 2014 di Bencingah Agung, Kantor Bupati Giri Mennag, Gerung, Selasa (21/4).

Dikatakan Fauzan Khalid, gambaran hasil pencapaian pelaksanaan pembangunan di tahun pertama pemerintahan AZAN (Zaini Arony-Fauzan Khalid) berkeinginan merubah dan mengisinya ke arah yang lebih baik. Misi dan visi tersebut dapat dilakukan dengan berbagai macam cara metode dan stretagi. Pamkab. Lobar berkomitmen utk wujudkan masyarakat yang unggul, mandiri, sejatera dan bermartabat, menekan angka kemiskinan , mengurangi pengangguran, memperluas lapangan pekerjaan dan melalui pembangunan konstruksi maupun penyediaan layanan kepada masyarakat Lobar.

Kata wabup, dari 1.600 proyek yg tersebar di semua SKPD dg nilai total 284,25 M tahun 2014, maka dalam tahun 2015 ini anggaran untuk pembangunan di Lobar btelah ditingkatkan  senilai Rp. 350 milyar lebih. “Peningkatannya dari tahun 2014 sangat besar dari 284,25 M menjadi 350 M lebih. Mudah-mudahan dengan hasil pembangunan 2014 tersebut ditambah anggaran biaya pembangunan di tahun 2015 ini dapat dengan cepat bisa mengakselari pembangunan di Lobar,” harapnya.

Wabup menjelaskan, jika kegiatan ini tidak saja bersifat serimonial, namun sebagai media menjelain tali silaturrahmi yang nantinya bisa dipupuk dan dipelihara bersama dalam rangka pelaksanaan pembangunan di Lobar. “Segala kekurangan pembangunann di tahun sebelumnya akan menjadi catatan dan cambuk bagi kami utk memperbaiki diri dan menjadi hjarapan seluruh masyarakat Lobar terhadap pelaksanaan pembangunan di masa yang akan dating,” kata wabup.

Ia menekankan, agar hari ini harus lebih baik dari hari kemarin.Hari esok harus lebih baik dari hari ini. Karena itulah cirri-ciri orang yang mendapatkan keberuntungan. “Tentunya dengan pengalaman yang lebih dewasa dl HUT 57 ini saya berkeyakinan bahwa daerah kita akan menjadi daerah yg unggul, maju, mandiri sejahtera di NTB,” katanya.

Meski demikian Wabup menyadari bahwa tantangan ke depan makin berat. Karena itu ia mengajak agar seluruh masyarakat Lobar saling bahu-membahu, bersatu padu guna membangun kabupaten  Lobar yang sama-sama dicintai.

Berbicara tentang perjanjian kerjasama atau nota kesepahaman antara Pemkab Lobar dengan Yayasan dana Sejahtera Mandiiri Tentang Posdaya sebagai ujung tombak pengentasan kemiskinan dan pencapaian tujuan pembangunan, Wabup menyatakan, Yayasan Damandiri ini diketuai Prof. Dr. Haryoni Suyono dengan Sekretaris Dr. Subiakto Cakrawardaya.

Tujuan kerjasama ini adalah guna meminimalisir peran dari para rentenir yang diistilahkan Wabup “Bank Subuh”. Ia menilai sepak terjang rentenir inidiketahui bersama di pasar-pasar sampai pelosok desa justru yang paling banyak memberikan peran untuk memberikan pinjaman pada masyarakat adalah para rentenir (bank Subuh). “Mudah-mudahan dengan kerjasama ini hal-hal tersebut bisa diminimalisir. Kerjasama ini dimaksudkan sebagai upaya meningkatkan pemberdayaan keluarga dan masyarakat di bidang pendidikan, kesehatan, perekonomian dan Lingkungan Hidup. Hal ini sejalan dengan visi kab. Lobar bagi terwujudnya masyarakat Lobar yg unggul, mandiri, sejahtera dan bermartabat dilandasi nilai Patut patuh patju,” kata Wabup..

Wabup menyampaikan terima kasihnya kepada para PPK, Kontraktor, konsultan perencana, pengawas, Tim ULP dan segenap SKPD atas kerjasamamnya dan melakukan evaluasi untuk memaksimalisasi program kerja yang makin baik.

Sementara itu Sekda Lobar HM. Uzair melaporkan, dalam rangka peresmian dan pemanfaatan proyek tahun 2014 ini menyebutkan, total anggaran yang berbentuk bangunan konstruksi maupun penyedia layanan umum masyuarakat tahun 2014 sebesar Rp. 284,25 Milyar. Dengan sumber dana dari APBD sebanyak Rp. 229,47 M dan APBN berupa dana PNPM, PPIP, dana dekonsentrasi senilai Rp. 54,78 Milyar.

Dikatakan Sekda, sesuai dengan prioritas pembangunan di Lobar, maka proyek-proyek tersebut terbagi dalam lima bidang dengan jumlah keseluruhan sebanyak 1.600 buah proyek dan dilaksanakan oleh seluruh SKPD se-Lobar dan tersebar di seluruh kecamatan se-Lobar.  Bidang-bidang tersebut diantaranya, bidang pendidikan sebanyak 205 proyek senilai 33,08 Milyar, bidang kesehatan sebanyak 94 proyek senilai Rp. 25,87M, Bidang Tata Kelola pemerintahan 348 proyek (Rp.40,33 M), Bidang Insprastruktur Umum 251 proyek (Rp.11,92M), bidang perekonomian sebanyak 212 proyek (Rp.19,03 M).

Pelaksanaan kegiatan ini berada di bawah langsung Asda III Bidang perekonomian dan pembangunan yg persiapannya dilakukan`melalaui koordinasi eksternal dan internal SKPD, Pemkab Lobar dg mitra pembangunan lainnya seperti Bank NTB, PD BPR LKP Gerung dll. “Saat ini juga dilakukan penenadatanganan kerjasama antara Pemda Lobar dengan Yayasan Dana Sejahtera Mandiri atau yayasan Damandiri Jakarta,” jelas Sekda.

Pada kesempatan tersebut dibagikan hadiah berbagai mata lomba semarakkan HUT 57 Lobar. Baik secara perorangan maupun kelompok berprestasi. Diantaranya, Bola Voley Bupati Cup antar Kecamatan Kerjasama PBSI Lobar dan KNPI Lobar Putra antara lain Kecamatan Labuapi (juara I), Kecamatan Kuripan (juara II), Juara III, Kecmatan Lingsar dan Kecamatan Gerung Juara IV. Untuk katagori putri, diraih Kec. Batulayar (juaraI), juara II (Kecamatan Labuapi), dan juarta III Kecamatan Lingsar dan Juara  IV Kecamatan Gerung.

Sedangkan untuk Oven Tirnamen Sepak Bola Bupati Cup Juara I (Lembar), II (Lingsar), III bersama (Narmada, Labuapi).  Piala bergilir jatuh pada Kecamatan Lembar. Pada Koperasi Berprestasi juara I (KSP Pewaris Narmada), juara II Kopwan Sejahtera Giri Menang, Juara III (Kecamatan Narmada). Cerdas cermat Kopreais SLTA juara I (SMAN 1 Gn. Sari), II (SMAN 1 Gerung), III (SMAN 1 Sekotong), juara IV (SMAN 1 Labuapi). (wardi) 02

Advertisement

Artikel Terkait

Advertisement

Artikel Populer

Artikel Terbaru