GP3A Doro Boi Laksanakan Gotong Royong

KM RUNGGU-Gotong royong yang merupakan warisan leluhur bangsa kita, mash sangat kendal di masyarakat petani di Wilayah Kecamatan Bolo. Tradisi Gotong royong, tetap dipertahankan terutama gerakan pembersihan saluran irigasi. Masyarakat Tani yang terhimpun dalam  Gabungan Perkumpulan Petani Pemakai Air (GP3A) Doro Boi Desa Rato Kecamatan Bolo, Sabtu (17/10) melakukan aktifitas pembersihan saluran  jaringan irigasi.

Ketua GP3A Doro Boi, Junaid MS mengatakan kegiatan gotong royong membersihkan saluran irigasi adalah program rutin GP3A Doro Boi. “Kami sudah membuat jadwal kerja kelompok, setiap menjelang musim hujan atau musim tanam akan melaksanakan gotong royong membersihkan saluran. Saluran  yang ada sekarang banyak menyimpan sedimentasi, hal ini akan menghambat lajunya air pada saat musim tanam nanti,” jelas Junaid.

Lanjutnya, kegiatan gotong royong melibatkan seluruh anggota Perkumpulan Petani Pemakai Air (P3A) yang bergabung dalam GP3A Doro Boi. “Sesuai dengan kesepakatan bahwa setiap hari Minggu akan dilaksanakan gotong royong melibatkan anggota sebanyak 10 orang dari P3A yang menjadi anggota kami,” papar Guru Olahraga SMPN 2 Bolo.

Lanjutnya, saluran irigasi yang akan kami bersihkan adalah sepanjang 10.000 meter. Mulai dari bendungan yang ada di Desa Tambe sampai ke Desa Sanolo, di daerah hilir. “Selain sedimentasi, kami juga melakukan perambasan belukar yang ada disepanjang saluran,” ujarnya.

Lanjutnya, bagi anggota yang tak bisa hadir ikut melaksanakan gotong royong dapat diganti oleh orang lain atau bias juga memperkerjakan orang lain dengan memberikan upah kerja. Pasalnya, ketentuan itu sudah tertuang dalam angaran dasar dan anggaran rumah tangga GP3A Doro Boi. “Kesepakatan kita, bagi anggota yang sudah ditunjuk, apabila tidak bias ikut bergotong royong dapat menyuruh orang lain untuk menggantikannya dengan membayar tenaga orang tersebut,” terangnya .

Kegiatan Gotong royong, terangnya, melibatkan pula Tenaga Pendamping Masyarakat (TPM) yang ditigaskan di Daerah Irigasi (DI) Ncanga Kai. “Kami juga dalam bergotong royong ini, melibatkan juga TPM,” Pungkas Junaid.(RIS) -01

Advertisement

Artikel Terkait

Advertisement

Artikel Populer

Artikel Terbaru