Jalan Bayan-Sembalun Bumbung Direkonstruksi

KM. Sukamulia – Pembangunan Infrastruktur merupakan bagian dari tiga program pokok Presiden Jokowi. Sejak awal pemerintahannya, program ini terus digencarkan dengan pembangunan pasar-pasar tradisional dan pembangunan infrastruktur jalan raya di desa-desa. Kali ini, program perbaikan infrastruktur jalan itu terealisasi di sekitar Jalan Rasa Bayan – Sembalun Bumbung dengan proyek Jalan Raya Nasional Wilayah I Provinsi Nusa Tenggara Barat.

Pembangunan infrastruktur Jalan Sembalun – Bayan ini dilaksanakan di beberapa titik dan salah satunya adalah Jalan Bayan – Sembalun Bumbung di sekitaran wilayah Desa Bilok Petung Kecamatan Sembalun yang mendapatkan paket Rekonstruksi Jalan Bayan – Sembalun Bumbung Sepanjang 1.30 Km (mulai dari Dasan Bilok hingga Dusun Timba Gading Desa Bilok Petung). Proyek ini dikerjakan dengan anggaran APBN tahun 2017.

Berdasarkan informasi yang tertera pada Pelang Proyek, Rekostruksi Jalan di sekitaran Desa Bilok Petung ini ditangani oleh PT. Fima Kencana Kerthasari selaku kontraktor dan PT. Parama Karya Mandiri, KSO selaku konsultan dengan nomor kontrak KU.08.08/PJN WIL I NTB – PPK . Program ini dilaksanakan selama 172 hari terhitung sejak tanggal 12 Juli 2017.

Saat ini, kegiatan rekonstruksi jalan tersebut masih pada tahap penggusuran areal pelebaran jalan dan pemasangan talut, yang dimana jalan ini akan diperluas menjadi 14 meter. Program ini berjalan dengan lancar yang meskipun banyak tanah warga yang dikenai oleh proyek pelebaran jalan dan bahkan ada diantara warga setempat yang tembok pagar rumahnya harus digusur demi kepentingan rekonstruksi jalan dimaksud.

Hingga saat ini, tidak ada waraga yang melakukan penolakan atas penggusuran tersebut. Sepanjang berlangsungnya kegiatan proyek rekonstruksi jalan tersebut, masyarakat setempat menerima program pelebaran jalan itu dengan baik yang meskipun mereka tidak diberikan biaya ganti rugi atas tanah mereka yang diambil sebagai areal perluasan jalan dan ataupun tembok pagar rumah mereka digusur. Bahkan mereka bersyuku atas program dimaksud sebab dengan program rekonstruksi jalan tersebut maka jalan raya di desa mereka akan semakain ramai dan tentunya itu juga akan memberikan keuntungan bagi mereka.

Keadaan ini tentunya akan membuat proyek ini berjalan dengan baik dan lancar. Semoga saja proyek rekonstruksi Jalan Bayan – Sembalun Bumbung ini berjalan lancar dan dapat terselesaikan sebagaimana jadwal yang telah ditetapkan agar nantinya akses trasportasi wilayah Bayan – Sembalun semakin lancar dan ramai, lebih-lebih Bayan – Sembalun adalah daerah wisata yang setiap harinya dilalui oleh wisatawan dari berbagai daerah dan negara.

_By. Ari The Gila_

 

Advertisement

Artikel Terkait

Advertisement

Artikel Populer

Advertisement

Artikel Terbaru