Rp60 Milyar Ditransfer BNPB Percepat Rehab Rekon KSB

Sumbawa Barat. Diskominfo – Badan Nasional Penanggulan Bencana (BNPB) telah mentransfer lagi uang senilai Rp60 milyar lebih kepada Pemerintah Kabupaten Sumbawa Barat (KSB). Dana tersebut untuk mendukung percepatan rehab rekon rumah bagi korban gempa bumi.

 

Pemkab Sumbawa Barat sebelumnya telah mengajukan kepada pemerintah pusat untuk mempercepat transfer sisa dana yang belum ditransfer sebesar Rp184 milyar, tetapi BNPB baru mentrasfer dana sisa tersebut sebesar Rp60 Milyar.

 

Dandim 1628/Sumbawa Barat, Letkol CZI Eddy Oswaronto, S.T., saat diwawancarai di Acara Launching kegiatan perlombaan Dalam Rangka Menyambut HUT ke 1 Komando Distrik Militer 1628/Sumbawa Barat, di lapangan pesanggrahan lingkungan Bosok kecamatan Taliwang, Sabtu (23/3/2019) mengatakan akan berusaha bekerja maksimal dengan menginstruksi anggota Babinsa dan Yonzipur sebagai salah satu ujung tombak dari rehab rekon.

 

“Kami akan melakukan yang maksimal untuk membantu pemerintah merampungkan rehab rekon, dan membantu masyarakat keluar dari kesulitan pasca Gempa Bumi”. Tutur Dandim.

 

Sebelumnya, pada acara rapat koordinasi yang digelar di Graha Fitrah Kantor Bupati KSB, Jumat (22/3/2019). Bupati Sumbawa Barat, Dr. Ir. H. W. Musyafirin, M.M., mengatakan, dana 60 milyar itu hanya beberapa persen dari dana sisa yang dibutuhkan oleh pemerintah KSB untuk merampungkan rehab rekon. Artinya, masih ada sisa Rp124 milyar yang belum ditransfer.

 

Kehadiran dari dana yang telah ditransfer BNPB tersebut membuat pemda KSB optimis rehab rekon akan cepat rampung pada April mendatang, bahkan akan diupayakan akan rampung sebelum pemilu 17 April 2019 mendatang.

“Kami apresiasi BNPB atas attensinya mendukung progres percepatan rehab rekon,” ujarnya Bupati.

 

Hal yang sama diutarakan oleh Kapolres Sumbawa Barat, AKBP Mustofa, S. IK., MH., 64 anggota Bhabinkamtibmas yang ada di tiap desa/kelurahan serta 11 orang fasilitator dan 262 orang yang diamanatkan yang bertugas di TPS, mereka juga ditugaskan untuk ikut membantu rehab rekon bergotong royong bersama masyarakat.

 

“Selain tugas sebagai abdi negara, mereka juga diminta untuk berkontribusi pada misi kemanusiaan ini.” Kata AKBP Mustofa. (Feryal/tifa)

Advertisement

Artikel Terkait

Advertisement

Artikel Populer

Artikel Terbaru