552 Paket Pembangunan Tahun 2018 Diresmikan


Giri Menang, KM. Sebanyak 552 paket secara simbolis diresmikan Bupati Lombok Barat H. Fauzan Khalid. Dari 552 paket, 357 paket diantaranya menelan dana Rp. 25 Miliar. Ke 357paket ini menyasar bidang Pendidikan, Pemuda dan Olahraga.

Pada bidang Pekerjaan Umum, ada 131 paket yang meliputi, gedung pemerintahan, pembangunan dan rehab irigasi, peningkatan serta pemeliharaan jalan. Nilainya, mencapai Rp. 172 Miliar. Total anggaran untuk membiayai berbagai pembangunan infrastruktur fisik mencapai Rp. 229 Miliar. Bidang kesehatan ada 51 paket dengan anggaran Rp. 19 Miliar. Bidang Perindustrian dan Perdagangan sebanyak 13 paket, menelan anggaran sebesar Rp. 6 miliar.

Bupati Lombok Barat (Lobar), H.Fauzan Khlaid mengaku, tahun 2018 merupakan tahun yang cukup berat bagi Pemkab Lombok Barat. Bencana gempa bumi yang melanda, berpengaruh besar pada keuangan daerah. Kerugian besar, mengharuskan pemda melakukan berbagai rasionalisasi. Sektor pariwisata yang menjadi andalan PAD, hingga saat ini masih terus berjuang untuk bangkit setelah sebelumnya mati suri akibat gempa.

Namun bupati menyebut, terlepas dari hal tersebut, kemantapan jalan di Lobar cukup baik. Pembangunan di seluruh bidang dapat lebih ditingkatkan.

“Jika membicarakan perbandingan, di luar kota se-NTB, Lombok Barat yang paling tinggi persentase tingkat kemantapan jalannya,” terang bupati saat membuka acara Peresmian Hasil Pembangunan Kabupaten Lombok Barat di Bencingah Agung Kantor Bupati, Senin (1/4).

Kegiatan yang dipadukan sebagai salah satu Core Event peringatan HUT Lombok Barat ke-61 ini, dirangkai dengan penandatangan Memorandum of Understanding (MoU) antara Pemkab Lombok Barat dengan Kanwil Kemenkumham NTB. Isinya tentang fasilitasi pendampingan dan harmonisasi produk hukum daerah. Selanjutnyan, MoU dengan Ombudsman NTB, tentang pelayanan publik. Terakhir, MoU dengan Kantor Berita nasional Antara, tentang media layanan informasi public. MoU antara Dinas Kominfotik Lobar dengan Antara, tentang pengevaluasian layanan informasi publik.

Advertisement

Artikel Terkait

Advertisement

Artikel Populer

Artikel Terbaru