Infrastruktur Wisata Pondok Kerakat Terus Ditingkatkan


KM. Sukamulia - Pembangunan infrastruktur sarana pendukung di kawasan Wisata Pantai Pondok Kerakat terus ditingkatkan. Tahun ini kawasan wisata yang juga dikenal dengan Pantai Pasir Besi ini kembali mendapatkan bantuan pembangunan Selter dan Penambahan Lapak Dagang yang bersumber dari DAK Dispar Lombok Timur Tahun Anggaran 2019.

Sejak tahun pertama dikelola oleh Pokdarwis setempat (2018), pembangunan kawasan Wisata Pantai Pondok Kerakat mendapatkan dukungan yang baik dari pihak Pemerintah Daerah Lombok Timur, khususnya Dinas Pariwisata Lombok Timur, terbukti dengan diberikannya bantuan pembangunan sarana pendukung wisata di kawasan wisata tersebut.

Di tahun 2018, Dispar Lotim memberikan bantuan pembangunan Gapura, Trotoar, MCK, Mushalla, Lapak Dagang dan perataan 20 are kawasan Pantai Pondok Kerakat. Setidaknya, pembangunan tersebut memakan anggaran sebesar 1 miliyar rupiah. Hal itu adalah bukti bahwa Dispar Lotim dan dinas terkait betul-betul serius mengembangkan pantai tersebut sebagai kawasan Pariwisata di Lombok Timur.


Di tahun 2019, Dispar Lotim kembali memberikan bantuan pembangunan Selter dan Lapak Dagang. Setidaknya program pembangunan infrastruktur wisata tersebut memakan anggaran 400-an juta rupiah. Dengan demikian, Dispar Lotim betul-betul serius mengembangkan potensi wisata pantai tersebut.

Keseriusan Dispar Lotim dalam membangun kawasan Wisata Pantai Pondok Kerakat tidak lepas dari tingginya keinginan Pemdes, pemuda dan masyarakat Pohgading Timur untuk mengembangkan pariwisata di desa tersebut. Hal ini adalah bukti bahwa Dispar Lotim mendukung masyarakat Desa Pohgading Timur menolak Penambangan Pasir Besi di kawasan tersebut sebab tujuan awal pengembangan wisata Pantai Pondok Kerakat adalah menolak Penambangan Pasir Besi.

Saat ini, pembangunan Selter di Pondok Kerakat baru mencapai 40% demikian juga dengan pembangunan Lapak Dagangnya. Semoga pembangunan tersebut dapat terselesaikan tepat waktu.

Masyarakat Pohgading Timur dan sekitarnya berharap agar pantai di kawasan Kecamatan Pringgabaya terus dibangun sebagai kawasan pariwisata dan Penambangan Pasir Besi ditutup (dihentikan) sebab tanpa penambangan masyarakat setempat sudah hidup makmur dari hasil pertanian dan perkebunannya.
_By. Asri The Gila_

Advertisement

Artikel Terkait

Advertisement

Artikel Populer

Artikel Terbaru