Pembangunan Jalan Usaha Tani, Sebagai Bentuk Kepedulian Pemdes Terhadap Petani

Pembangunan Jalan Usaha Tani yang berkelanjutan sebagai Bentuk Kepedulian Pemerintah Desa Terhadap Petani. 

KM_Suka Mulya


PEMBANGUNAN di pedesaan kian meningkat dengan hadirnya Dana Desa yang dikucurkan oleh pemerintah pusat melalui dana APBN langsung Ke Desa. 

Dalam hal ini, Pemerintah Desa Suka Mulya memanfaatkan Dana Desa tersebut salah satunya adalah dengan membangun Jalan Usaha Tani demi kemajuan para petani yang ada di desa.

Anggaran 2019 ini menyerap anggaran Dana Desa/DD dengan sejumlah pembangunan mulai dari pembangunan Irigasi, pengerasan Jalan, Pembangunan Jalan Usaha Tani dan Pembangunan Jembatan.

Pembangunan-pembangunan tersebut tak lepas dari peran serta masyarakat dan BPD dapam menyusun APBDesa Tahun 2019 ini..


Jalan Usaha Tani yang sudah selesai do bagun di Tahun 2019 ini adalah 

  • Jalan Usaha Tani Golkar , dengan Panjang 750 Meter
  • Jalan Usaha Tani Mangga Panjang 1000 Meter. 

Peningkatan infrastruktur yang di realisasikan pemerintah desa ini untuk mendukung masyarakat pada bidang pertanian dengan harapan mempermudah petani dalam hal mobilisasi hasil buminya.

Pembangunan yang dilaksanakan merupakan hasil musyawarah dan mufakat bersama masyarakat dan BPD, termasuk masyarakat yang ikut berkontribusi dalam meningkatkan kemajuan desa.

Pembangunan jalan usaha tani ini juga dilakukan sebagai upaya bentuk memenuhi sarana yang dibutuhkan masyarakat, terutama para petani. Karena sebagian besar warga Desa Sukamulya berpenghasilan utama dari sektor pertanian. Tujuan juga adalah Agar masyarakat bisa lebih mudah dan melalukan berbagai aktifitasnya sehari-hari sehingga mampu mengelola lahan dan dapat memaksimalkan potensi yang ada.

Harapan kedepannya, dengan telah dibangunnya jalan usaha tani ini, hasil panen akan lebih meningkat. Infrastruktur jalan yang ada untuk mengangkut jagung dan kacang-kacangan lainnya yang dihasilkan petani telah tersedia akses jalan dan tidak lagi ada petani yang mengeluh disetiap musim panen dengan ketiadaan akses jalan yang dekat dengan lahan mereka.



KASI PEMBANGUNAN Desa Suka Mulya Bpak, MUHAMMAD DANIAL menegaskan "bahwa Pembangunan jalan usaha tani ini sebagai wujud kepedulian pemerintah desa kepada para petani yang mana mayoritas warganya adalah bekerja sebagai petani dan peternak. dengan adanya jalan ini nanti diharap mampu meringankan biaya mobilisasi hasil pertanian sehingga mampu meningkatkan Tarap kesejahtraan ekonomi masyarakat.

KASI PEMBANGUNAN juga menegaskan, Mari kita sama sama menjaga Inftastruktur yang sudah di bangun di Desa kita ini agar bisa termanfaatkan dengan Baik"


#Muhammad Syafi'i
KM_ Suka Mulya


TAGS: jalan usaha tani

Advertisement

Artikel Terkait

Advertisement

Artikel Populer

Artikel Terbaru